Jenis-Jenis Chipset Mediatek yang Dipakai HP Saat Ini

Jenis-Jenis Chipset Mediatek yang Dipakai HP Saat Ini

Mediatek, perusahaan yang bermarkas di Shanghai adalah keliru satu produsen chipset untuk smartphone. Tidak seperti Qualcomm, Mediatek fokus pada pengembangan chipset yang lebih terjangkau alias cost produksinya lebih tidak mahal terkecuali dibandingkan bersama dengan chipset berasal dari produsen lain.

Faktor ini yang lantas mengakibatkan ponsel bersama dengan chipset Mediatek kebanyakan harganya lebih terjangkau. Namun, kudu diingat, Mediatek miliki image yang tidak cukup baik lantaran pernah kerap menghadirkan chipset yang cepat panas dan kekuatan tidak sangat kencang.

Belakangan, Mediatek berbenah dan melahirkan chipset yang lebih baik dan selalu terjangkau. Tidak aneh terkecuali masih banyak vendor ponsel yang memakai chipset Mediatek. Satu perihal yang agak fatal dan mengakibatkan ponsel bersama dengan Mediatek tidak cukup tenar adalah tertutupnya sumber terbuka (source code) Jenis chipset mediatek

Berbeda bersama dengan chipset lain, Mediatek menutup source code mereka dan belum tersedia rencana untuk terhubung source code ke publik. Hal ini mengakibatkan ponsel Mediatek jarang beroleh pembaruan Android terbaru. Pasalnya, untuk beroleh pembaruan, perangkat Android selanjutnya kudu miliki kode sumber. Jika vendor mengidamkan melakukannya, maka vendor kudu membayar terutama pernah ke Mediatek.

Terlepas berasal dari perihal tersebut, Mediatek masih selalu bertahan dan rajin memproses chipset terbaru. Saat artikel ini dibuat, Mediatek telah menghadirkan chipset bersama dengan fabrikasi 6 nm. Tentu perihal ini tergolong baik.

Jenis-jenis Chipset Mediatek
Chipset Mediatek sendiri tersedia banyak dan agak sulit dikategorikan. Penamaan chipset Mediatek terhitung tidak cukup baik dan sulit diingat. Untungnya belakangan Mediatek mengimbuhkan nama untuk chipset mereka bersama dengan nama Helio. Untuk lebih mengetahui kategori chipset Mediatek Helio ini, silakan liat penjelasannya selanjutnya ini.

1. Mediatek Dimensity
mediatek dimensity
Mediatek Dimensity ada sebagai chipset yang mencampurkan rencana “pintar” dan performa bersama dengan pertolongan jaringan 5G. Dimensity ini mampu dibilang adalah investasi berasal dari Mediatek untuk berkompetisi di ranah jaringan 5G.

Mediatek Dimensity ada mencampurkan konektivitas, multimedia, AI serta inovasi untuk mutu gambar yang baik. Kombinasi ini yang mengakibatkan Dimensity ada sebagai chipset jagoan Mediatek untuk menghadirkan chipset unggulan dan pasti saja ada bersama dengan jaringan 5G.

Mediatek Dimensity ada bersama dengan beberapa seri. Ada Mediatek Dimensity 1000 series, Mediatek Dimensity 800 series, dan Mediatek Dimensity 700 series.

2. Mediatek Helio G Series
MEDIATEK HELIO G
Seiring bersama dengan perkembangan industri mobile gaming, Mediatek lihat perihal selanjutnya sebagai celah untuk menghadirkan solusi: sebuah chipset spesifik untuk gaming. Karena itu, hadirlah Mediatek Helio G series.

Chipset ini menghadirkan fitur dan teknologi untuk meningkatkan pengalaman bermain gim seluler dan terhitung visual yang jelas. Mediatek Helio G series terhitung ada bersama dengan performa multimedia dan kinerja AI terkemuka yang setara bersama dengan Mediatek Helio seri lainnya.

Kehadiran Mediatek Helio G ini sendiri mengakibatkan banyak produsen ponsel pun banyak memakai chipset berasal dari Helio G. Beberapa produk berasal dari Helio G diantaranya adalah Helio G90T, Helio G85, Helio G85, Helio G35 dan lainnya.

2. Mediatek Helio X Series
helio x20
Sebelum kehadiran lini Dimensity dan G series Mediatek Helio X seri adalah jajaran chipset kelas atas berasal dari Mediatek. Chipset bersama dengan Helio X seri artinya adalah chipset yang miliki performa kencang dan canggih untuk kelas Mediatek. Hanya saja chipset kalah pamor terkecuali dibandingkan Dimensity dan G series.

Contoh chipset yang tersedia di kelas ini adalah Helio X20, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30. Helio X30 adalah chipset Mediatek pertama yang dibangun bersama dengan fabrikasi 10 nm. Bisa dibilang, chipset bersama dengan fabrikasi baru akan dimulai di Helio X seri pernah lantas diikuti oleh chipset Mediatek di seri lain.

Menilik teknologi fabrikasinya, perkembangan teknologi chipset Mediatek memang agak sedikit ketinggalan. Pasalnya, produsen chipset besar lainnya telah ada bersama dengan fabrikasi 8 nm dan 7 nm saat Mediatek baru masuk 10 nm. Namun, pasti saja tidak tersedia kata terlambat untuk memulai.

2. Mediatek Helio P Series
MediaTek Helio P70 vs Helio P60
Mediatek P series adalah chipset Mediatek yang secara tingkatan berada di bawah Mediatek X series. Mediatek seri P ini dibangun untuk digunakan di ponsel pintar yang ramping. Fokus chipset Mediatek P series adalah sebuah chipset yang miliki konsumsi irit baterai tanpa kurangi performa keseluruhan.

Baca juga:
Macam-Macam Sistem Operasi Mobile yang Perlu Kamu Ketahui
Inilah Jenis-Jenis Pelindung Layar HP Zaman Sekarang!
Inilah Cara Memilih HP yang Tepat bersama dengan Budget yang Pas
Selain itu, fokus Mediatek P series adalah pertolongan untuk multimedia dan konektivitas. Bisa dibilang, Mediatek P series fokus pada pengembangan chipset yang sepadan di segala sektor. Hal ini yang mengakibatkan Mediatek P series banyak digunakan produsen ponsel. Contoh chipset Mediatek P series adalah Mediatek P60, Mediatek P70, dan Mediatek P90.

3. Mediatek Helio A Series
helio a22
Mediatek menghadirkan chipset kelas baru, yakni Helio A series. Chipset di kelas ini adalah Helio A22. Chipset ini dibikin untuk smartphone bersama dengan kelas harga terjangkau namun miliki fitur yang baik seperti membuahkan kamera yang bagus, efisiensi kekuatan yang baik, dan mengoptimalkan hasil tangkapan kamera.

Karena chipset seri baru, belum banyak ponsel yang memakai Helio A22. Terlebih gara-gara Helio A series baru satu, pasti saja kedepan akan tersedia Helio A series lain. Contoh ponsel yang memakai Helio A22 sendiri adalah Xiaomi Redmi 6A.

4. Mediatek Mid-Range 4G Series
mediatek chipset
Chipset kelas ini, cocok namanya adalah chipset menengah. Chipset ini didesain supaya digunakan di ponsel kelas harga terjangkau yang telah mendukung jaringan 4G. Hal ini gara-gara chipset di kelas ini mendukung konektivitas LTE 4G-CAT WorldMode-CAT-4 dan CAT-6 serta mendukung fitur premium lainnya seperti Pump Express serta fungsi kamera canggih.

Tipe-tipe chipset yang tersedia di kelas ini adalah Mediatek MT6753, Mediatek MT6752, dan Mediatek MT6750. Contoh model ponsel yang memakai chipset ini adalah Infinix Note 4, Lenovo Vibe S1, dan Vivo V5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *